Apakah Mengurus Mertua Bagian dari Tanggung Jawab Istri dalam Islam ? | Q&A Nouman Ali Khan

5:00:00 PM


Apakah Mengurus Mertua Bagian dari Tanggung Jawab Istri dalam Islam ? | Q&A Nouman Ali Khan | Indonesia Subtitle
Diterjemahkan Oleh: Pembelajar Quran Saluran
http://Youtube.com/C/PembelajarQuranChannel
http://Pembelajar-Quran.blogspot.com


Assalamu'alaykum semuanya,
Selama Teluk Tour saya menerima beberapa surah, dan ini adalah salah satunya
Saya seorang non muslim yang bekerja di Kuwait selama beberapa tahun dan saya sudah sangat dekat untuk menerima Islam karena saya terkesan oleh rekan muslim yang sangat saleh dan ingin menikah dengannya jadi saya ingin belajar lebih banyak tentang Islam

Orang yang saya sukai ini adalah seorang Pakistan dan untuk mengenal budaya nya saya pun dekat dengan rekan perempuan lain yang muslim yang menikah dengan keluarga Pakistan

Saya sedang belajar tentang Islam dan Al-Quran di mana hak-hak seorang istri yang begitu mengesankan dan penuh kesetaraan tetapi ketika saya melihat kehidupan teman wanita saya, dimana dia diminta untuk melakukan begitu banyak pekerjaan oleh mertuanya dan juga dipaksa oleh suaminya untuk merawat ibu mertuanya dan ibu mertuanya menyiksanya dengan menciptakan banyak pertengkaran antara dia dan suaminya juga saudara iparnya memintanya bekerja seperti layaknya pembantu sepanjang waktu

Suaminya sangat keras dan saya melihat banyak ketidakadilan di mana si suami sering mengancam untuk meninggalkan dia jika dia tidak mendengarkan dan melakukan apa yang inginkan mertua dan iparnya

Jika ini adalah Islam maka saya bingung untuk menjadi seorang muslim, apa saran Anda?

Ini sebenarnya bukan pertama kalinya saya mendapat pertanyaan seperti ini, banyak orang yang bertanya kepada saya yang bertanya tentang hak-hak perempuan terutama yang berkaitan dengan mertua dan ipar. Itu adalah subjek yang rumit tapi saya ingin menjelaskan beberapa hal mendasar agar bisa diapahami oleh semuanya dan untuk saudari yang mengajukan pertanyaan, pertama-tama terima kasih untuk pertanyaan Anda

Karena menurut saya, bukan hanya Anda, tapi juga banyak orang yang dapat mengambil manfaat insya Allahu ta'ala. Hal penting pertama adalah dalam Islam setiap hubungan yang kita miliki dilengkapi dengan hak dan tanggung jawab sehingga sebagai laki-laki misalnya, saya punya kewajiban tertentu kepada istri saya seperti dia juga punya kewajiban tertentu pada saya dan saya juga memiliki kewajiban kepada orang tua saya seperti mereka juga punya kewajiban sebagai orangtua dan mereka juga memiliki hak tertentu yang harus saya penuhi dan demikian juga dengan saya

Sekarang prinsipnya adalah bahwa Anda tidak bisa membiarkan hak siapa pun dalam suatu hubungan, untuk menciptakan ketidakadilan atas hak orang lain

Bagaimana Anda menyeimbangkan semua ini bersama-sama?

Khususnya kita berbicara tentang suami, istri, mertua dan ipar

Bagi saya sebagai anak, saya berutang ketaatan pada orangtuaku, saya wajib menghormati mereka, berbuat baik pada mereka, saya juga berusaha untuk memenuhi apa yang mereka minta kecuali hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran Islam atau mereka meminta saya untuk melanggar perintah Allah, saya pasti akan tolak, Jadi seharusnya saya tidak memiliki keberatan mematuhi mereka dalam setiap hal

Namun berbeda dengan istri saya, istri saya hanya wajib menghormati mereka, dan bersikap santun pada mereka tetapi istri saya tidak memiliki kewajiban untuk taat ,melayani dan mengurusi mereka dan jika saya mengharapkan dari istri saya untuk melayani orang tua saya, itu sebenarnya sebuah ketidakadilan pada istri saya, dia punya kewajiban untuk melayani orangtuanya sendiri, dia punya orang tua sendiri

Sementara ini bukan orangtuanya, ini adalah orang tua Anda

Berbicara fakta, ikatan darah itu berbeda dengan ikatan pernikahan sehingga sebagai suami, anda mengharapkan istri untuk melayani orang tua Anda. Ini sebenarnya bentuk ketidakadilan, dan itu bukan sesuatu yang diizinkan dalam Islam.

Beberapa orang mengatakan, baik Anda harus mematuhi apapun yang dikatakan suami anda, itu tidak sepenuhnya benar. Anda tidak boleh mematuhi siapapun manusianya dengan syarat "Apapun yang dia katakan"

Saya bahkan tidak bisa mematuhi orang tua saya apapun yang mereka katakan jika ayah saya memberitahu saya untuk mengambil pinjaman mahasiswa dengan bunga, saya tidak akan melakukannya. Saya tidak bisa, itu ketidaktaatan kepada Allah. Aku tidak akan melakukannya, karena sebenarnya kadang-kadang Anda harus melakukan ketidaktaatan pada orang tua Anda, jika mereka bersikap tidak masuk akal

Itu harus terjadi kadang-kadang, Anda tahu ayahmu memintamu untuk mengambil pinjaman walaupun itu bukan pinjaman berbasis bunga atau dia mencoba untuk meminta Anda untuk masuk ke bisnis yang Anda tahu itu akan gagal. Anda tahu dengan yakin itu tidak akan berhasil, tapi dia ingin Anda untuk mengambil semua tabungan hidup Anda dan menempatkannya dalam bisnis itu. Jadi Anda tidak mendengarkan Ayah Anda dalam situasi seperti itu

Itu bukan ketidaktaatan kepada ayah Anda, bukan seperti itu bentuk taat pada orang tua

Fakta lainnya, ketaatan kita kepada orang tua kita adalah dalam sultu lingkaran alasan dan tentu saja saat kita tidak mematuhi mereka, Anda tahu, bukan berarti kita di luar batas-batas hormat dalam melayani mereka dan tentu saja bahkan saat mereka meminta hal-hal yang sulit pada kita, kita masih tetap harus mematuhinya bahkan saat mereka  bersikap sangat sulit pada kita. Tetapi saat mereka bersikap sesuatu yang sangat tidak masuk akal, atau akan menempatkan orang lain dalam kesulitan

Contoh kasus yang saya berikan tadi, jika saya mengosongkan semua tabungan saya atau semua aset saya dan memberinya ke bisnis yang mereka inginkan saya ikuti yang saya tahu bisnis itu tidak akan berhasil, hanya karena saya ingin memenuhi permintaan mereka

Maka saya akan menempatkan anak-anak saya dalam kesulitan, saya akan menempatkan istri saya dalam kesulitan, saya akan menempatkan orang lain yang bergantung pada saya dalam kesulitan

Saya tidak bisa melakukan itu, mereka dapat melakukan apapun yang mereka inginkan dengan saya, tetapi mereka tidak bisa membuat saya untuk melakukan ketidakadilan kepada orang lain

itu bukan cara kerjanya, maka jika ada keluarga yang memaksa suami untuk memiliki satu akun rekening dan orang tua yang menjadi co-signer pada akun rekening itu dan istri hanya mendapat sekitar upah 20 jam bekerja setiap minggu atau sesuatu, itu bukan cara kerja yang baik, Anda tidak bisa melakukan itu

Anda saat ini bisa memiliki istri Anda, Anda menikahinya, Anda mengambil dari ayahnya untuk menjadi wali nya dan Anda sekarang memiliki tanggung jawab untuk mengurusnya seperti tanggung jawab ayahnya dulu dan sekarang anda malah memperlakukannya seperti warga kelas dua di dalam rumah atau memperlakukannya seperti pembantu untuk orang tua Anda atau saudara Anda atau orang lain, ini semua benar-benar tidak masuk akal dan konyol sekali

Dan ini adalah salah satu hal yang Anda dan saya akan ditanya tentang pada hari kiamat, namun di sisi lain ada ekstrim yang berbeda, di satu ekstrim Anda telah Anda tahu tentang menantu yang berubah menjadi pembantu yang benar-benar tidak masuk akal dan konyol dan tidak dapat diterima dalam Islam

Namun di sisi lain, Anda memiliki orang-orang yang seorang istri atau bahkan seorang suami yang benar-benar bersikap jahat kepada mertua mereka dan tidak mau berurusan dengan mereka

Aku tidak ingin melihat wajah mereka, aku tidak ingin mereka datang, aku tidak ingin pergi ke rumah ibumu, aku tidak ingin kamu berbicara dengannya sampai kapanpun, aku membencinya, aku tidak tahan dengannya dll

Seseorang yang bersikap sangat jauh secara ekstrim dari keluarga suami Anda

Anda tahu, ini juga merupakan ekstrim, ini adalah bentuk ketidakadilan juga. mereka adalah orang tuanya, mereka memiliki hak atas dirinya. Mereka harus dapat melihat cucu-cucu mereka, mereka harus mampu untuk datang dan tidak khawatir tentang terjadi perkelahian, Anda tahu, Anda sering kali terlihat marah dan tidak suka atas kehadiran mereka, sekarang ketidakadilan justru yang Anda lakukan karena jika Anda mencintai suami Anda, setidaknya Anda harus menunjukkan rasa hormat kepada keluarganya, sopan dan hormat, hanya itu, tapi suami anda tidak bisa memaksa hal ini pada Anda, ini harus datang dari Anda. Sikap hormat dan sopan ini adalah sikap yang harus dimiliki setiap muslim terhadap setiap muslim lainnya, terutama berbicara tentang orang-orang dibawa bersama sebagai keluarga

Anda tahu kita seharusnya menjadi yang terbaik yang kita bisa terhadap anggota keluarga kita, ya komplikasi sering terjadi dan terutama untuk situasi Joint Family (beberapa keluarga tinggal dalam satu rumah), yang tentunya situasi yang sangat rumit

Anda tahu antara budaya lain dan budaya DC pada khususnya ini adalah sesuatu yang kita tekankan, seperti banyak orang yang hidup di bawah satu atap dan Anda tahu keuangan dikontrol oleh orang tua dan Anda tahu putri menantu harus melakukan ini dan itu untuk menjadi istri yang baik dan harus berhadapan dengan banyak hal, kondisi ini tidak sesuai untuk banyak keluarga dan jika memang tidak sesuai, Anda tahu , kaum istri  saya tidak meminta Anda untuk meminta cerai atau sesuatu seperti itu, yang jelas hal seperti ini butuh dibicarakan, karena itu bukan Islam, bahkan jika Anda melakukannya sebagai keputusan keluarga, jangan bersembunyi di balik fakta bahwa ini adalah apa yang Islam inginkan

Itu bukan apa yang diinginkan Islam, itu yang diinginkan keluarga Anda. Itu adalah suatu istilah tertentu yang datangnya harus dari perbincangan sebagai sebuah keluarga

Allah Azza wa Jalla mengatakan "tsumma Latus alunna yaumaidzin 'Anin Na'im (QS.At-takatsur: 8), Anda akan ditanya tentang semua berkah dan ni'mat yang Anda nikmati. Dan istri yang saya miliki, anak-anak yang saya miliki, orang tua yang saya punya, Anda tahu semua berkat yang saat ini saya nikmati

Dan saya lebih baik bersikap dengan baik dan benar pada mereka jadi saya berdoa bahwa ini, Anda tahu, saya berharap setidaknya meredakan beberapa kekhawatiran bahwa ini ada hubungannya dengan Islam, itu sama sekali tidak.

Hal ini berkaitan dengan praktek-praktek budaya dan bagaimana bersikap pada perempuan dengan cara tertentu. Yang mana Quran, kitab Allah, tidak membenarkan hal ini, dan Sunnah saw nabi sungguh tidak membenarkan hal ini

Barokallaahu lii wa lakum wassalamu'alaykum warohmatullahi wa barokatuhu

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔